Ada sebuah dugaan kemudian yang muncul bila pengumuman CPNS yang akan dirilis besok untuk mencegah terjadinya kemarahan massal. Asumsi ini datang setelah melihat sejumlah pejabat daerah yang mengurusi masalah kepegawaian yang menyatakan kekhawatirannya jika muncul gejolak bilamana pemda umumkan tes itu.

Sedangkan hasil tes yang bakal diumumkan besok adalah hasil tes sistem seleksi CPNS yang gunakan lembar jawaban komputer dan sistem. Menurut Menpan RB, pengumuman bisa dilihat situs resmi KemenPAN RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan media partner.

Dikutip dari JPPN, Menpan RB mengatakan jika ada sejumlah daerah yang menolak mengumumkan hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi CPNS pada besok Selasa. Sejumlah daerah, kata dia, minta Panselnas mengumumkan duluan. Panselnas memang akan mengumumkan TKD pada 24 Desember.

Namun ada pula sejumlah daerah yang meminta penundaan hasil tes CPNS salah satunya Papua. Wilayah ini meminta pasca Hari Natal, 25 Desember. Mereka, kata Azwar, maunya setelah Natal. Itu dilakukan untuk menjaga kekerabatan.

Pengumuman hasil tes CPNS 2013 menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menpan Azwar Abubakar bakal diumumkan besok, Selasa, 24 Desember 2013. Para peserta bisa melihat pengumuman di situs resmi Kemenpan dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).